0

Alief...

Alief, kali ini keponakan ku ini masuk part of my "student".
Karena hari ini mata pelajaran yang di Ujian kan sekolahnya adalah Matematika, jadi semalam aku ngajarin dia mata pelajaran itu. honest, aku memang rada-rada kesusahan untuk meng "eksplain" pelajaran SD. susah gitu nentuin kalimat apa yang tepat supaya anak ngerti. karena anak di usia SD kan udah pada kritis dan mau tau apaaaaa aja. jadi, kalau kita sebagai guru yang punya "vocab" sedikit dan cara menjelaskan yang ngalor ngidul di jamin kita pasti mati gaya. ya kaya aku semalem.


Aku buka-buka buku catatan matematikanya Alief, ku lihat di materi yang begini contohnya :

20+12+16=(20+12)+16
= 22+16
= 38

nilainya Alief 50, aku tau banget keponakan ku itu Alhamdulillah pandai berhitung, tapi masalahnya apa, kok dia dapat nilai segitu??, aku coba tes dia, ternyata eh ternyata dia ga faham cara menghitungnya, artinya dia ga faham kalau 20 nya di tambah dulu sama 12, trus hasilnya di tambah lagi sama 16..itu yang dia ga faham, yang dia liat cuma caranya yang panjang, yang akhirnya cara panjang itu bikin dia bingung alias ga faham.
aku coba cara pendek bikinan ku sendiri, bener-bener cara "jenggo" khas orang yang ga mau banyak masalah (hehehe), tapi It work!!, dia bisa dan faham.

caranya gini: soalnya kan 20+12+16=, jadi aku bilang coba kasih payung di atas angka 20+12 nya dulu..trus di hitung..berapa??, 22, nah tulis angka 22 itu di atas payung, trus tarik garis dari 22 ke 16, ayo berapa 22+16=, 38..Benerrrr...hasilnya sama khan dengan memakai cara yang panjang??!!.hehehe...trus ku tanya ke alief, ayo suka cara panjang atau cara pendek..dia jawab cara pendek..kenapa suka???tanyaku lagi..karena gampang..jawabnya sambil mengangkat tangannya ke udara. hehehe..semoga caraku ini bisa di terima gurunya di sekolah..hehehe..maap ya bu guru kalau aku mengacaukan ajaranmu..tapi khan ga fatal ya caraku itu??, bahkan mungkin bisa jadi metode baru di sekolah kan buuu??hehe..maksa...maap..maap..peace!!!.

Next, materi yang begini :
angka 2 pada bilangan 32 adalah (puluhan atau satuan)???

nah you know nilainya berapa??25.
masalahnya apa lagi niiih...

aku coba tes, ternyata...
aku bener-bener kehabisan kata-kata yang tepat untuk menjelaskan makna angka 2 yang menjadi Objek yang di pertanyakan. alief faham 32 itu 30 sama 2, dia tau 30 itu puluhan 2 itu satuan, tapi itu belum menjawab pertanyaannya, angka 2 itu yang di tanyakan statusnya. faham ga maksud ku??, jadi alief itu belum tau yang di pertanyakan itu statusnya angka 2, padahal dia sudah tau statusnya angka 2 itu satuan, tapi dia belum bisa memahami "MAKNA" soal dengan tepat. jadi dari soal di atas alif jawabnya bingung karena dia belum faham yang ditanyakan apa???, mungkin dia belum tau, yang di pertanyakan adalah si angka 2...faham ga??aduh, asli deh tadi malam itu aku hampir putus asa menjelaskan si angka 2 yang di pertanyakan. sampai-sampai aku diam, menerawang gitu cari ilham sambil ngeliat ke langit-langit kamar..trus alif ngeliat aku bertingkah begitu ngomong begini:

"apa??, mikir-mikir??mikir lagi supaya alif nda bisa jawab soalnya??supaya alif susah??bikin soal yang susah lagi??biar alif nda' tidur??"

Seketika aku tersadar dari terawangan ku dan aku tertawa lucu di dalam kebingunganku...anak kecil berumur 6 tahun itu mengatakan itu dengan mimik yang serius tapi lucu. aku ga tau lagi harus ngomong apa??..Aku cuma geleng-geleng sambil tersenyum..sambil memandangi wajahnya yang masih serius melihatku..mungkin, ada signal dari keminiman nya yang ku tangkap.."alif juga bingung"..mungkin itu yang bisa ku tangkap...tapi aku yakin ini proses, nanti aku yakin Alief pasti mampu...dan aku juga harus banyaaaak belajar lagi...

Alief..Insya Allah, mungkin bukan malam ini, tapi nanti setelah ini, kita bisa menemukan caranya..






0 menurut yang baca...:

Back to Top