0

catatan circle time pengajar Dongeng

Bismilaah...

aku mau catat hasil circle time tadi :

di mulai dari bunda indah yang "curhat" tentang prioritas anak lama ama anak baru, terkadang jadi kendala aja gitu katanya, yang mana yang mesti di prioritaskan, sedangkan cerita dongengnya kan udah jalan jauuuh banget, trus untuk mengadaptasikan anak baru itu yang masih kendala, sedangkan mereka masing-masing punya hak yang sama.

bunda devy juga sama, harus menjelaskan dengan jelas ke anak yang baru dapat cerita separo, apalagi kalau anak yang peka dan terus bertanya, dia kenapa, ini siapa...

trus bunda rini, waaah bunda yang satu ini memang fun teruuuss, alhamdulilaah muridnya ga banyak masalah, untuk yang sore sih aku akuin, di tehnik belajarnya okey, cepat nangkep, dan malah gila dongeng, mukanya seriuuus banget kalau udah denger cerita,,,duuuh anak-anak yang lucu. kalau yang pagi, so far kata beliau ga ada masalah, tinggal gimana caranya menyikapi anak yang kesusahan belajar, gitu. back to mindset. thanks bunda rini.

bunda susan,,masiiih ber kendala ama si triple F nya, Fadil, Faisal dan Fatimah. Insya ALLAH hari sabtu tanggal 22 Mei besok 3M bakal ngadain acara bulanan yaitu Parent Involvement, sebenarnya, biasanya parent involvement itu hari senin ama selasa nyaris di akhir bulan, tapi berkaitan sama hasil 4 mata saya ama bunda susan, kepengen banget cerita ke ortunya triple F di parent iNvolvement itu, tapi mereka ga bisa datang karena kerja di hari senin dan selasa, kalau hari sabtu mereka kemungkinan bisa datang, makanya untuk bulan ini parent involvement nya hari juma'at dan sabtu, mogaaaaaaaaa aja ortunya bisa dateng.......jadi bisa cerita banyak mengenai perkembangannya si Triple F. sukses bunda susan.

truuuus bunda lika.. bunda ku yang satu ini, selalu memancing senyum dan tawa.
bunda lika berkendala sama anak-anak yang masih belum paham konsep baca 3M yang menggunakan awal suku kata yang di pakai sebagai simbol baca yang mereka pelajari. misalnya baju di baca ba, raja di baca ra...nah ada anak yang belum paham konsep itu. trus ada juga anak yang lupaaa sama suku kata, lupa sama pengelompokan cerita, yaaa lupa..dahsyaat. atau bisa jadi ada anak yang ingat clue yang nyerempet gitu sama suku kata yang di tanyakan. naah itu dia...tar kita jawab yaaa bundaa...

di jawab yuuupsss....
wah sebenarnya bukan mau menjawab, tapi mau berbagi aja...
bunda indah dan bunda devy punya problem yang sama. tadi coba saya lempar dulu ke yang lain, yaaah ini proses untuk membuat faham bahwa semuanya berpotensi mengeluarkan pendapat. tidak hanya satu pandangan saja. gimanaa??setuzuuu??
bunda indah dan bunda devy, bisa jadi ini terjadi karena belum ada ukuran baku yang bisa menentukan yang mana duluan yang di prioritaskan, bagusnya dua-duanya di prioritaskan, supaya tidak mengurangi hak kedua-duanya. di sini saya coba realistis, dan berbekal sedikit pengalaman yang sebentar-sebentar ngajar murid riset. yaa di jelaskan saja saat anak bertanya, memang kesusahan waktunya apalagi kalau kita menjelaskan satu anak trus anak yang lain berkeliaran entah kemana. yaaa di libatkan ajaa anak yang lain untuk menceritakan ulang, semoga aja cukup hari itu menjelaskannya, tinggal teknik dan cara menjelaskannya saja kok kayanya...saya kok tanpa beban gini, tapi sebenarnya sebaiknya memang seperti itu...Realistis.

bunda rini, saya salut sama bunda. ngajarnya ga ada bebaan banget. makanya bisa fuuuun terus. saya bisa ngomong apa yaaah??mmmmh..tetap semangat yaah.

bunda susaaan...di atas tadi saya udah jelasin....
kita lihat di hari sabtu itu yaaaa bund.

naah bunda lika niiiiiiiiih...saya tadi bilang "set your mind to positive" yipppiii...itu ga cuma untuk bu lika looooooh...kita memang sering berharap anak menjawab benar, tepat. tapi sebenarnya, itu yang bisa membuat kita menganggap anak ga bisa sewaktu dia menjawab yang tidak tepat. ya kan??, padahal bisa jadi dia sedang mengindentifikasi apa yang sedang bunda tanyakan, trus jaringan otaknya bakal merespon dan memecah kemana-mana yang berkaitan pada titik atau menyerempet sama tujuan pertanyaan bunda...duuuaaar....
beri anak kesempatan untuk tidak tepat, karena itu prosesnya dan perbaikilah.
dan betapa indahnya kalau kita mengajar itu tanpa BEBAN.... right???.

oia, saya mau membahas tentang ini,,,berkaitan juga sama anak yang sering lupa....padahal kita kan dah mengunggulkan otak kanan yang memorinya jauuuuuuuh lebih tahan ketimbang otak kiri.
dari 3 tahap yang kita yakini sebagai proses anak, sebenarnya tujuan kita adalah Simbol. bukan cerita dan gambar. cerita dan gambar adalah penunjang anak untuk mengingat simbol atau huruf. jadi fokusnya adalah simbol. yang hidup adalah simbol, yang terpatri dan kuat adalah simbol. semuanya muaranya adalah simbol, jadi dari awal, simbol lah kekuatannya.
bisa jadi, yang terjadi di reguler yang anak-anak tidak ingat simbolnya karena dia ingatnya sama cerita aja...ya kaaan??.
naah sekarang, hidupkan lah simbol itu dengan penunjang-penunjangnya...
good luck bunda...


0 menurut yang baca...:

Back to Top